background

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah FKIP Dwijendra University adakan Pembinaan Lomba dalam Rangkaian Bulan Bahasa Bali di Banjar Kaja, Desa Adat Sesetan

DwijendraNews. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, FKIP, Dwijendra University melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di Banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan, pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 bertempat di Balai Banjar Kaja. PkM merupakan salah satu kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi. PkM yang dilaksanakan tidak hanya diikuti oleh Dosen, mahasiswa juga turut aktif dalam kegiatan tersebut.

 Kegiatan dibuka oleh Kelihan Banjar Kaja, I Made Sutama. Beliau menyambut baik kegiatan yg dilaksanakan oleh prodi PBID, serta meminta agar kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh Kelihan Banjar Kaja saja, namun juga dihadiri oleh para Prajuru (Pejabat Strukural Desa) banjar Kaja, beserta para peserta lomba (pemilet).

PkM yang dilaksanakan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Prodi PBID dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali di bulan Februari. PkM yang dilaksanakan mengambil tema ” Pembinaan Membaca dan Menulis Aksara Bali”. Pembinaan ini bertujuan untuk turut memberikan dukungan kepada para peserta lomba dalam rangka Bulan Bahasa Bali di Desa Adat Sesetan. Adapun pembinaan yang dilakukan yaitu, menulis aksara Bali (nyurat aksara Bali), membaca aksara Bali (ngwacen aksara Bali), mendongeng Bahasa Bali (masatua), menyanyikan sekar alit (macepat). Kelian dan Prajuru Banjar Kaja berharap dengan adanya pembinaan ini dapat meningkatkan semangat dan memberikan peningkatan kemampuan peserta lomba, agar memperoleh hasil yang maksimal pada saat perlombaan Bulan Bahasa berlangsung. (4y4)